Senin, 17 Oktober 2011

TAHAP PERSIAPAN REKAYASA ULANG PROSES BISNIS

Kita menyebut metodologi BPR dengan rapid reengineering (rekayasa ulang cepat) atau Rapid re karena hal itu didesain untuk menghasilkan secara cepat, biasanya antara 6 bulan sampai 1 tahun. Dalam metodologi ada 5 tahapan yaitu :
·        Preparation (persiapan)
·        Identification (identifikasi)
·        Vision (visi)
·        Solution  (jalan keluar)
·        Transformation (perubahan)
Dalam bab ini kita mempelajari tahapan preparation (persiapan). Dalam tahap persiapan, terdiri dari empat tugas (task), yaitu :
Ø Recognizing the need (memahami kebutuhan )
Ø Developing executive consensus (mengembangkan kesepakatan eksekutif)
Ø Training the reengineering team (pelatihan tim rekayasa ulang)
Ø Planning the change (rencana perubahan)

RECOGNIZING THE NEED  (MEMAHAMI KEBUTUHAN)
Perlu memahami organisasi dan apa yang hendak dicapai pada saat ini lengkap dengan teknologi dan proses yang digunakan, serta juga menilai lingkungan kompetitif tempat organisasi beroperasi. Kebutuhan rekayasa ulang itu selalu memahami tujuan dari pada perubahan antara lain :
§  Perubahan pasar (a market change)
§  Perubahan teknologi (a technologi change)
§  Atau perubahan lingkungan
Ada tiga motivasi penyebab diperlukannya suatu perubahan yaitu :
1.     Kondisi tidak sehat (sakit/pain) à profit menurun, pasar menciut
2.     Kondisi ketakutan (fear) à kompetisi semakin tajam, perubahan pasar
3.     Suatu keinginan (ambition) à perluas pasar, merambah ke pasar baru


DEVELOPING EXECUTIVE CONSENSUS (MENGEMBANGKAN KESEPAKATAN EKSEKUTIF)

Hal ini dapat dikerjakan secara resmi pada waktu-waktu tertentu pada orang perorang atau pertemuan antar group, dengan percakapan sepintas lalu, memorandum, mengirim orang atau tim pada seminar-seminar perencanaan kembali, berbicara dengan teman sejawat di perusahaan-perusahaan lain dan kepada pembimbing dengan membaca dari keseluruhan aktivitas-aktivitas lain.

TRAINING THE REENGINEERING TEAM (PELATIHAN TIM REKAYASA ULANG)
Mempelajari team untuk menjalankan misinya.
Meliputi  :
-         Harapan manajemen
-         Membangun kerjasama
-         Pengajaran materi pendekatan
-         Memilih alat-alat manual / otomatis untuk digunakan di proyek
-         Mengadakan terminology biasa
-         Bekerja ke semua saluran yang ditargetkan
-         Menerima / memikul tanggung jawab untuk proyek.

Sebagai tambahan dari tujuan atau cita-cita bisnis, pengelola atau tim manajemen harus mengembangkan sebuah daftar dari isu/hal penting yang relevan berkaitan pada keadaan proyek.

PLANNING THE CHANGE (RENCANA PERUBAHAN)
Garis besar dari rencana perubahan berisi :
1.     Tujuan
·        Latar belakang permasalahan
·        Isu / masalah yang ada
·        Tujuan yang diharapkan
·        Daerah lingkungan
·        Kesepakatan team

2.     Membuat rencana
·        Tugas-tugas pekerjaan
·        Sumber-sumber tenaga
·        Penyampaian rencana
·        Tanggung jawab
·        Jadwal

3.     Rencana manajemen
·        Membuat laporan yang berkaitan dengan pekerjaaan
·        Memeriksa rencana manajemen
·        Membuat laporan perkembangan

4.     Perubahan rencana manajemen
·        Landasan dan ketertarikan organisasi
·        Penyampaian rencana
·        Penetapan rencana
·        Rencana campurtangan/pendekatan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar